Rabu, 11 Mei 2016

Ini Cara Atur Tata Ruang Meja Makan Supaya Menarik

Ini Cara Atur Tata Ruang Meja Makan Supaya Menarik
Cara Atur Tata Ruang Meja Makan
Meja makan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari elemen furnitur dalam sebuah rumah. Perkembangan desainnya juga terus mengalami kemajuan yang cukup pesat. Berbagi corak dan motif sampai material yang unik dapat menjadi pilihan alternatif untuk keindahan sebuah ruang makan. Oleh karenanya, dalam memilih sebuah meja makan, perlu diperhatikan beberapa hal dengan lebih bijakkarena selama kurun waktu tertentu, meja makan akan selalu mendampingi setiap aktivitas Anda dalam berbagai jamuan. Jadi pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan keinginan dan kriteria personal Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda jadikan pedoman dalam memilih meja makan.

Ukuran

Memilih meja maka seharusnya sudah melalui proses pengukuran dengan besar kecilnya ruangan. Ruang makan yang kecil lebih sesuai dengan meja makan dengan ukuran kecil pula. Ruang makan yang besar juga membutuhkan meja makan dengan ukuran cukup besar. Penting diingat adalah memperhatikan jarak duduk antara kursi dengan dinding di belakang yang membatasi dan sirkulasi sekitar meja makan agar lalu lalang penghuni rumah dapat berjalan dengan leluasa. Ukuran meja makan setidaknya harus dipilih dengan ukuran yang ideal sehingga percakapan yang terjalin dengan orang yang duduk di seberang dapat menambah keakraban dan berjalan lancar.

Kapasitas

Selain ukuran meja makan, yang cukup penting adalah skala keperluan Anda. Seberapa sering Anda menggunakan meja makan dan seberapa banyak jumlah orang yang dijamu, akan menentukan besar kecilnya meja makan Anda. Jika hanya untuk anggota keluarga inti atau jamuan kecil maka akan lebih baik bila menggunakan meja makan dengan ukuran kecil. Begitu pula sebaliknya, bila Anda sering mengadakan jamuan dengan jumlah yang cukup banyak maka sebaiknya meja makan dengan ukuran besar merupakan pilihan yang terbaik. Namun bila Anda memiliki ruang makan yang besar tetapi Anda sering menjamu dalam ukuran kecil, lebih baik Anda membaginya dalam dua meja, sebab dengan begitu Anda mengisi ruangan tanpa terlalu banyak space kosong namun tetap menggunakan satu meja sebagai tempat jamuan.

Bentuk

Bentuk meja makan atau dining table yang paling umum dijumpai adalah bentuk persegi panjang. Selain karena mudah untuk penataan, bentuk persegi dapat menjamu orang dalam jumlah lebih banyak atau dalam jumlah kecil. Namun jika Anda menjamu dalam skala kecil atau anggota keluarga inti maka yang menjadi favorit adalah meja makan bentuk bundar. Hal ini disebabkan meja makan bentuk bundar memiliki posisi untuk bercakap-cakap yang lebih kondusif dan memudahkan orang untuk berinteraksi. Meja makan dengan bentuk bundar juga lebih menciptakan suasana keakraban dan cocok untuk jamuan kecil.

Style

Biarkan interior rumah Anda beserta elemennya menentukan style dari meja makan yang akan Anda pilih. Jika suasana yang dipilih adalah tradisional maka meja dengan desain tradisional merupakan pilihan terbaik. Jika kontemporer maka pakailah meja berdesain kontemporer. Selain desain/style, Anda juga perlu memilih material yang senada dengan ruangan-ruangan dalam rumah Anda sehingga meja makan Anda akan menjadi elemen pelengkap dalam dekorasi rumah Anda.

Finish

Meja makan tradisional biasanya terbuat dari kayu. Beberapa kayu seperti walnut dan mahogany menciptakan suasana formal sedangkan cerry dan oak lebih terlihat kasual. Meja makan kayu mudah dan rentan rusak namun dapat diperbaiki. Keunggulan meja tradisional yang terbuat dari kayu adalah menyembunyikan noda dan goresan yang mungkin terjadi. Selain terbuat dari bahan kayu, meja makan dapat terbuat dengan bagian atasnya dari kaca. Keunggulan dari kaca adalah tidak mudah rusak namun kelemahan yang nyata adalah seringkali meninggalkan sidik jari diatasnya sehingga memerlukan ketekunan untuk merawatnya.

Kualitas

Yang terakhir dan paling penting adalah jika Anda telah memilih meja yang paling cocok dengan Anda, maka perhatikanlah kualitasnya. Setelah Anda mempertimbangkan dari segala aspek ketika menentukan membeli sebuah produk, kualitas tetaplah menjadi faktor penentu.

Terimakasih sudah simak artikelIni Cara Atur Tata Ruang Meja Makan Supaya Menarik semoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapatmu? Silahkan Beri Tanggapan :D