Senin, 09 Mei 2016

6 Kriteria Rumah Sehat

Kriteria Rumah Idaman    

"Rumahku adalah Istanaku",,,Rumah yang baik adalah rumah yang memenuhi syarat untuk sehat atau setidaknya memiliki syarat-syarat kesehatan yang pantas mengingat Rumah adalah bagian yang sangat penting bagi diri kita dan keluarga tercinta kita semua.
6 Kriteria Rumah Sehat
Kriteria Rumah Sehat


Adanya persyaratan Fisiologis dan Psikologis adalah mutlak adanya.
Perhatikan baik-baik rumah Anda,,, Apakah sudah cukup baik buat keluarga Anda??
Mari kita bahas sedikit tentang ini, apa-apa saja yang menjadi kebutuhan sebuah RUMAH SEHAT yang pantas kita jadikan tempat paling Indah di dunia ini.


1.VENTILASI UDARA

Agar sirkulasi Udara sehari-hari menjadi salah satu Indikasi kesehatan kita tetap terjaga dengan baik,diperlukan Lobang-lobang dalam rumah melalui Pintu maupun Jendela yang kita sesuaikan letaknya agar sistem Ventilasi Alami tetap berjalan dengan baik.
Planning dan design pada saat membangun rumah berperan besar dalam hal ini.
Hindari pemakaian Kipas Angin yang berlebih karena akan meningkatkan kelembaban didalam rumah.
Memperbanyak Tanaman hijau yang ramah adalah sangat bijaksana karena selain Sirkulasi Udara segar dapat tercipta,Tanaman Hijau bisa menjadikan kesejuka dan ketenangan suasana hati penghuni rumah kita.

2.PENCAHAYAAN ALAM

Perhatikan Arah Rumah Anda dan sesuaikan dengan pergerakan sinar Matahari (pagi dan sore saat aktifitas matahari tampak) agar terus terjaga adanya Sinar Matahari yang masuk ke dalam rumah. Tidak boleh juga terlalu panas, yang penting cukup untuk membuat setiap sudut ruangan tidak lembab dan dingin.
Mungkin bisa dibantu dengan posisi beberapa perabot rumah Anda atau dengan pemasangan Kaca pada posisi tertentu yang tepat.

3.LANTAI RUMAH

Syarat mutlak Lantai pada Rumah adalah harus kedap Air.Fungsi kedap Air disini adalah Lantai Rumah haruslah selalu kering,tidak lembab agar tidak mudah menjadi sarang bagi kuman-kuman yang mudah sekali tumbuh dimana-mana.
Pilihan Material Keramik,Marmer atau Granit masih menjadi pilihan yang bagus Dan tampak lebih "berkelas". Selain Halus dan banyak Motif warna yang memperindah Rumah Kita,, Bahan Lantai tersebut sangat mudah untuk dibersihkan dan mudah pula perawatannya.

4.ATAP & LANGIT-LANGIT

Sebelum terlanjur Anda memilih material untuk Atap rumah Anda,,pastikan bahwa Material yang Anda pilih adalah cocok dengan iklim dimana Anda tinggal.Untuk cuaca panas seperti negara Indonesia ini..Atap/genteng Tanah Liat mungkin lebih pas,karena terbukti memiliki daya penyerapan panas yang tergolong tinggi.Sehingga tidak semakin memanaskan ruang dan kamar di dalam rumah.
Jagalah ketinggian Langi-langit ruangan anda agar tidak terlalu pengap dan tetap memberikan ruang udara yang luas.

5.AIR BERSIH

Dengan kebutuhan rutin bisa mencapai 100 ltr air bersih per anggota keluargra kita.Pastikan bahwa Air sumur atau PAM yang anda gunakan adalah benar-benar Air bersih yang layak untuk kita gunakan sehari-hari.Jika perlu,,Air Bersih ini bisa Anda bawa ke Laboratorium terkait agar bisa kita dapatkan Informasi yang tepat tentang kelayakan Air Bersih ini di rumah kita.

6.PEMBUANGAN LIMBAH

Berbanding lurus dengan penggunaan Air Bersih, Pembuangan Limbah Air kotor juga sesuatu yang harus diperhatikan dari awal pada saat memulai pembangunan RUMAH SEHAT Anda.
Atur sejauh mungkin posisi Pompa Air (Jet Pump) dengan posisi Septic Tank Anda.Pastikan pembuangan dibuat agar Air mengalir dengan lancar dan mengurangi resiko kebuntuan suatu hari nanti.
Buatlah Tempat sampah yang baik dan jika memungkinkan bisa dibuat dengan Dua macam tempat untuk memisahkan antara Sampah Organik dan Anorganik.
Hal ini berlaku pula untuk Pembuangan Polusi Udara yang biasanya bersumber dari Dapur dan bagian belakang Rumah Anda.
Gunakan Bahan-bahan PEMBERSIH RUMAH & DETERJEN yang Ramah Lingkungan .

Sedikit tentang RUMAH SEHAT dari kami,,karena kita semua menginginkan Rumah yang bisa jadi Harapan terakhir ketika kita sudah disibukan dengan permasalahan - permasalahan penat diluar rumah yang mungkin sangat berat.
Keinginan untuk Selalu Pulang adalah Indikasi nyata bahwa kita sangat mencintai RUMAH SEHAT kita sendiri. Bercengkrama dengan Keluarga dan Anak-anak ,,bermain bersama adalah WAKTU YANG SANGAT MAHAL bagi hidup kita semua.Akan sayang sekali jika Waktu-waktu terbaik kita di rumah kita lewatkan begitu saja.

Terimakasih Sudah Simak artikel 6 Kriteria Rumah Sehat Semoga Bermanfaat.

Bagaimana Pendapatmu? Silahkan Beri Tanggapan :D